Blogger Jateng

Ogah Menabung di Bank, Tabungan Haji Pria Ini Rusak Dimakan Rayap

Jakarta - Samin (53), penjaga Sekolah Dasar Negeri (SDN) Lojiwetan, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Jawa Tengah, mengaku sengaja tidak menyimpan uangnya di bank. 


Akibatnya, uang tabungan puluhan juta untuk haji rusak dimakan rayap. Samin dan istrinya pun hanya bisa pasrah. 

"Kita cuma dapatnya sedikit, jadi tidak kepikiran menabung di bank. Setiap dapat rezeki sedikit inginnya gampang, saya masukkan ke celengan," tuturnya.

Seperti diketahui, Samin mengumpulkan uang ke dalam celengan plastik selama 2,5 tahun sebelum pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

Tabungannya disimpan di dua celengan. Uang di dalam celengan warna hijau yang alami kerusakan parah usai dimakan rayap. Jumlahnya, kata Samin, sekitar Rp 50 juta rupiah. 

Sementara uang di celengan warna ungu hanya beberapa yang dimakan rayap. Uang di celengan ungu sejumlah Rp 49,8 juta rupiah. 

"Saya kan punya keinginan daftar haji. Saya punya rezeki sedikit demi sedikit masukkan ke kaleng itu, kurang lebih sudah 2,5 tahun sebelum (pandemi) covid," kata Samin di SDN Lojiwetan No 49 Solo, Jawa Tengah, Selasa (13/9/2022).

Kepala Kantor Perwakilan Wilayah (KPW) BI Solo Nugroho Joko Prastowo, menjelaskan, uang rusak seperti yang dialami Samin bisa diganti oleh Bank Indonesia. 

Dikutip dari Antara, kata Nugroho, langkah yang bisa dilakukan oleh masyarakat agar uang rusak bisa diganti jika bisa menyusunnya kembali hingga minimal berukuran 2 per 3 dari ukuran penuh. 

"Pergantian (uang rusak) itu harus memiliki ukuran minimal 2 per 3 dari ukuran penuh. Kenapa 2 per 3? Kalau ukurannya separo bisa diganti, nanti dipotongi lalu ditukar jadi dua," katanya. 

Nugroho juga meminta warga untuk membiasakan menabung uang di bank agar lebih aman. (Edy - lantangkan.com)

Posting Komentar untuk "Ogah Menabung di Bank, Tabungan Haji Pria Ini Rusak Dimakan Rayap"