Blogger Jateng

Putra Mahkota Arab Saudi Berambisi Bangun "Surga Alkohol"

Jakarta - Pemegang Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MbS) menyampaikan keinginannya untuk membangun 'surga alkohol'. Lokasi itu akan dibangun di kota Neom.

Pangeran Arab Bangun Surga Alkohol

Arab Saudi yang kini dipimpin oleh MbS membangun kota futuristik Neom. Rencana itu disampaikan pada Januari 2021 dan kemungkinan selesai pada 2030.

Neom menjadi salah satu mega proyek Arab Saudi untuk mulai menggantungkan ekonominya pada pariwisata, industri, dan energi terbarukan. Selama ini, ekonomi Arab Saudi lebih banyak bergantung pada sektor minyak bumi. Neom menjadi bagian dari Saudi Vision 2030 dan diharapkan rampung tepat waktu tahun 2030.

Di Neom, otoritas Arab Saudi akan memberikan izin penjualan dan konsumsi minuman beralkohol wine, koktail, hingga sampanye di sebuah resor. Neom adalah bagian dari mega proyek Saudi di Pulau Sindalah dekat Laut Merah. Resor ini rencananya dibuka pada 2023.

"Arab Saudi bakal membuka bar dan mengizinkan toko retail menjual wine secara terbuka di kawasan wisata itu," demikian menurut dokumen pemerintah Saudi yang ditinjau Berita Terbaru.

Dalam foto yang tercantum pada dokumen rencana proyek Neom, menunjukkan seorang bartender menuangkan koktail di botol premium seperti vodka, wiski, dan anggur, seperti dikutip dari Middle East Monitor.

Dalam foto tersebut, terlihat para undangan duduk di kursi sembari berbincang. Di meja terlihat botol alkohol dan beberapa potong kue di atas piring.

Pada bulan Mei lalu, mantan kepala pariwisata di kota Neom, Andrew McEvoy, mengatakan Neom akan dilindungi dengan Undang-undang ekonomi khusus.

"[UU akan sesuai dengan] ambisi mereka yang kami coba tarik untuk bekerja dan tinggal di sini," ujar McEvoy.

Ia lanjut bercerita, "Alkohol tak lepas disajikan di meja."

Jika betul Arab Saudi akan menerapkan konsumsi dan penjualan alkohol, ini bakal menjadi terobosan baru pemerintah yang terkenal konservatif. Namun, sejumlah pihak juga khawatir rencana itu menandai perubahan budaya di Saudi.

Selama ini, Kerajaan melarang konsumsi maupun penjualan alkohol dalam bentuk apapun di seluruh negeri. Bagi siapa saja yang melanggar bisa dikenai hukuman berupa denda, penjara, dan cambuk. (Edy - lantangkan.com)

Posting Komentar untuk "Putra Mahkota Arab Saudi Berambisi Bangun "Surga Alkohol""